Sabtu, 18 September 2010

Hal sepele

Seperiti biasa, dihari minggu yang cerah nan biru paling asik bangun lalu menyalakan komputer dilanjutkan membuka jejaring sosial untuk sekedar mengecek status. Tanpa sengaja kursur ini berhenti pada status bertuliskan ANJING!!! hmm.. aneh juga ngeliatnya. kenapa nih orang, ko statusnya ambigu begini. Mungkin baru ngeliat anjing lewat atau mungkin sebuah ungkapan kebencian pada seseorang, yang jelas masih tanda tanya.

Lanjut browsing & buka - buka inbox lalu kembali ke home seketika sudah muncul sebuah komentar menanggapai status tersebut dan ternyata tidak jauh beda dengan status utamanya " lw yang anjing". hmm berarti kemungkanannya kalimat itu memang tertuju ke kemungkinan kedua.

Kejadian ini mengingatkan pada sebuah perbincangan bersama seorang dosen di kampus yang mengatakan bahwa penggunaan tools yang berbeda namun inti pesannya sama bisa sangat berbeda dampaknya.

Misal dalam kasus ini seseorang menulis anjing pada statusnya di facebook bisa berdampak berbeda apabila dia menggunakan gambar anjing di statusnya tersebut. Tapi, semua itu lagi - lagi tergantung konteks, tambah pa dosen menjelaskan. Menurut beliau setiap kebudyaan memiliki pemaknaan tersendiri pada sebuah benda. Mungkin di Amerika gambar dan tulisan keledai bisa bermakna kebodohon, tapi di indonesia belum tentu sama hasilnya sehingga sangat - sangat kontekstual.

Bagi seorang mahasiswa iklan seperti saya tentu hal ini sangat penting untuk diperhatikan. dimana kita harus tahu dan bisa memilih tools mana yang lebih impactfull penggunaannya dalam membuat sebuah iklan apakah menggunakan gambar atau tulisan.

Sebuah pengalaman pribadi ketika membuat sebuah print ad. Sebagai sebuah tim terkadang kami hanya tertuju pada hasil grafis yang sempurna dan apik padahal bisa saja penggunan tulisan dan warna yang sesuai bisa memberi impact yang jauh lebih powerfull. mungkin hal ini yang sering para dosen ingatkan pada kami mahasiswa. Analisis yang kuat dan terus berlatih untuk mencapai sensitifitas dalam berkarya. CMIIW :b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar