Minggu, 07 Agustus 2011

Kekuatan gambar

ada yang mengatakan kalau sebuah gambar itu beribu maknanya.. karena sebuah gambar yang sama belum tentu memiliki kesan yang sama juga pada setiap orang yang melihatnya. Selama tiga tahun mengenyam periklanan di kampus setiap hari, setiap dosen selalu menekankan akan pentingnya pesan utama yang ingin kita ungkapkan pada khalayak terget kita. Segila apapun ide yang kita buat semuanya tidak akan berarti kalau pesan yang ingin kita sampaikan tidak sampai pada tujuan. Untuk alasan itu mungkin akan lebih mudah beriklan dengan cara menyampaikan pesan menggunakan sebuah kalimat ketimbang gambar. karena lebih jelas dan juga lebih universal mungkin. Tapi entah kenapa belakangan ini penggunaan gambar pada iklan-iklan belakangan ini begitu gencar dilakukan, bahkan di sebuah situs iklan ternama di dunia semua iklan cetak hampir secara keseluruhan menonjolkan gambar dengan sebuah kalimat kecil di ujung gambar atau bahkan tanpa kalimat sama sekali.

kalau kita kembali ke era 90-an di mana proses digitalisasi belum sedahsyat sekarang umumnya iklan-iklan cetak yang ada masih memberikan ruang untuk body copy atau kalimat penjelasan untuk iklan yang ditampilkan tetapi sekarang ruang untuk sebuah kaimat penjelasan rasanya semakin mengecil bahkan ditiadakan. kembali ke kalimat awal bahwa sebuah gambar akan memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang yang melihat dan juga inti utama dari sebuah iklan adalah pesan utama yang ingin kita sampaikan tentu akan terasa berlawanan dengan perubahan model iklan saat ini yang hanya memperkuat isi visualnya tanpa memberi pernjelasan apa yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut. Mungkinkah kemajuan teknologi digital semakin mempermudah orang-orang dalam memaknai seuah gambar.. ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar