Rabu, 08 September 2010

Periklanan

Moderator: Ndoro Wicaksono Kakung

    Saripati:
  • Yang penting ide

  • Setiap brand, kata Arief, akan berkomunikasi dengan bahasa masing-masing

  • Bagaimana meyakinkan klien, itulah seninya -- karena klienlah yang punya duit

  • Tantangan: film iklan yang bagus secara estetis sekaligus meningkatkan penjualan

  • Syuting, menurut Iman, bukanlah sebuah eksekusi dadakan, semuanya berdasarkan persiapan, bahkan perlu bloking shot (jepretan contoh) segala.

  • Film iklan (TVC), menurut Paquita, adalah, "Tiga puluh detik yang sempurna, akan ditonton berulang kali."

  • Manajemen produksi film itu bisa rumit, namun bisa juga mendatangkan tak hanya manfaat ekonomis bagi banyak orang (biaya film iklan bisa sampai tiga kali film layar ;ebar tertentu), melainkan juga pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis dan kerja kreatif

  • Jangan hanya dilihat bayarannya, karena menjadi talent (pemeran) utama film iklan bukanlah soal gampang, antara lain talent harus menjalani sejumlah proses sejak seleksi sampai workshop.

  • Film iklan adalah bagian dari kehidupan modern, yang proses produksinya memberi manfaat bagi banyak orang, namun menurut GM, sebaiknya kalangan agencies dan rumah produksi juga memikirkan kompensasi terhadap meningkatnya ketamakan masyarakat.


Contoh film iklan yang ditayangkan antara lain: Iklan Gudang Garam Merah versi PHK, iklan korporat Gudang Garam versi Selamat Tahun Baru 2007, dan Iklan Bentoel Biru versi "I Love the Blue of Indonesia" (1990)

source : facebook/ BF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar