Kamis, 29 Juli 2010

Pop up blocker " ta seberbahaya yang dikira "

Article by : M. rezza gunawan

Saat sedang asik - asik browsing di internet tak sengaja melihat sebuah headline berjudul pop up blocker. Karena penasaran langsung saja cek ke TKP, saat membaca literarurnya satu - persatu diketahui bahwa ini adalah sebuah software yang memungkinkan pengguna internet memblok semua flash di internet sehingga flash - flash tersebut tidak bisa muncul dilayar komputer mereka. wow keren sekaligus serem juga... Bagi mereka yang memiliki masalah dengan kecepatan internet pasti akan sangat dimanjakan dengan program tersebut karena menurut sang pencipta, selain spesifikasi komputer yang rendah flash juga merupakan salah satu penyebab utama internet menjadi lambat

Hal ini mungkin tidak terlalu riskan bagi orang kebanyakan namun bagi saya yang bekerja di dunia komunikasi hal ini perlu dilihat lebih jauh lagi. hal pertama yang harus disadari bersama bahwa flash - flash yang banyak gentayangan di internet adalah IKLAN. Nah seandainya memang benar program tersebut mampu seratus persen membatasi pergerakan flash di dunia maya bisa dipikirkan bagaimana para pengiklan akan kesulitan memasarkan produk mereka di dunia virtual nantinya.

Umumnya iklan - iklan flash yang hadir di internet adalah banner ads, floating ads, head banner dan masih banyak lagi, dan yang paling banyak dipakai bisaanya head banner dan floating ad. menurut dosen komunikasi UI, Vika auglamasia iklan di media internet sudah sangat - sangat berkembang pesat sekarang ini, namun tingkat efektifitasnya masih dalam tahap berkembang.

Dari sekian banyak jenis iklan yang ada memang interctive ad-lah bentuk yang paling banyak menyedot perhatian khalayak karena stoping powernya yang kuat, selain stoping powernya, iklan ini juga sangat memungkinkan terjadinya interaksi dengan konsumen entah flash tersebut berbentuk game, quiz atau semacamnya

Menurut dosen yang akrab dipanggil mba vika ini, dari kesekian banyak hal positif iklan - iklan di internet ada juga beberapa hal negatif yang harus kita ketahui. salah satunya jelas adalah tingkat mengggangu dari iklan - iklan, contohnya ketika sebuah flash muncul terkadang pengguna kesulitan mencari tombol close, atau komputer menjadi hang sejenak karena ukuran flash yang terlamapu besar.

Kenyataanya di indonesia kecepatan internet memang masih sangat - sangat lambat dibandingkan negara lain sehingga ada kemungkinan program ini akan digemari oleh konsumen Indonesia, namun setelah dilakukan riset kecil - kecilan ternyata tidak banyak orang yang tahu mengenai program tersebut.

Umumnya pengguna internet di indonesia lebih banyak mengkonsumsi jejaring sosial, forum atau hanya sekedar mendownload dokumen - dokumen dari internet sehingga boleh dibilang pengguna internet di indonesia apatis terhadap perkembangan software - software yang ada. Pandu Wirawan salah satu senior planner di admax menyatakan bahwa Pop Up Blocker memang telah digunakan oleh beberapa perusahaan namun masih dalam skala yang sangat kecil selain itu pengguna program ini sangat kecil sekali sehingga hal ini tidak terlalu merisaukan pungkas dosen media di UI tersebut.

Ketika beberapa orang mulai menyediakan program - program yang membatasi ruang gerak iklan di internet seharusnya kita yang bergerak di dunia periklanan juga bisa membuat sebuah terobosan baru yang tidak hanya ramah terhadap pengguna tetapi efektif dan effisien dalam hal pembuatannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar