Selasa, 31 Agustus 2010

Bottlesmoker

Background Information

Origin Bandung, Indonesia

Genres Electro pop

Lounge

Bedroom Music

Years active 2005 – present

Label Probablyworse Records

Oneloop Records

Shining Records

Members

Angkuy

Nobie



BottleSmoker adalah sebuah project musik yang bersifat tulus. Angkuy yang tinggal di kost-kostan dengan orientasi hidup cenderung di kamar yang hanya ditemani oleh computer Pentium II 350Mhz mencoba mengekspresikan perasaannya melalui program Fruity Loops. Berawal dari share lagu melalui computer to computer teman-temannya, lagu-lagu yang ditulis akhirnya mendapat respon positif dan menantang Angkuy untuk terus menulis lagu dan menyebarkannya. Tahun 2005, BottleSmoker mengisi sebuah festival loop yang diadakan di IF Venue, yaitu “Friday I’m In Loops”. Sebuah festival yang menjadi trigger bagi Angkuy untuk meneruskan project musiknya. Tidak hanya itu, Angkuy pun mengajak Nobie untuk bergabung dengan BottleSmoker mengambil posisi programmer.



Sebuah konsep yang diambil adalah musik kamar. Sebuah musik yang diproduksi di kamar sendiri. Dengan musik yang instrumentally, BottleSmoker memiliki packs dan beats yang artificial, karena pure menggunakan sounds dari komputer. Komputer telah dianggap istri bagi Angkuy dan Nobie.



Mum, Manitoba, Aoki Takamasa, Telefon Tel Aviv, The Album Leaf dan Dntel telah cukup banyak mempengaruhi musik mereka. Selain itu, artis-artis netlabel seperti observatoryonline.com dan midnetterecord telah menjadi contoh penting dan influence dalam berkarya.



Melalui jaringan internet yang megah, BottleSmoker telah berjalan nyaman di dunia myspace. Melalui myspace inilah sebuah metode SASE (self address send envelopes) yang mengadaptasi dari Cassette Culture dijalankan, BottleSmoker menyebarkan materi-materi lagu kepada pendengarnya secara gratis. Pengunjung BottleSmoker di myspace bisa mendownload gratis atau mengirimkan CD-Blank ke alamat BottleSmoker dan mereka akan me-resend CD tersebut dengan isi lagu-lagu plus sleeve covernya dalam bentuk virtual.



Dengan musik kamarnya itu, tidak ada label-label berbentuk fisik yang sesuai dengan visi misi BottleSmoker. Maka, mereka tetap berada di jalur musik yang penuh ketulusan, misalnya netlabel. Tidak bergabung dengan record label fisik, tidak membuat buta BottleSmoker untuk menyebarkan materi lagunya. 2 album penuh yang telah dihasilkannya pun disebarkan dengan SASE, juga disebarkan secara radikal dan vandal di komputer-komputer warnet, maka orang-orang bisa mendapatkan lagu-lagunya, selain itu disebarkan melalui hand to hand dalam bentuk CD-R.



Tahun 2008 ini, akhirnya BottleSmoker sign dengan netlabel dari Amerika dan mengeluarkan album berjudul ‘slow mo smile’. Tanpa basa-basi, netlabel Amerika yang bernama probablyworse record menarik BottleSmoker untuk merilis materi-materi barunya dan bisa didownload secara gratis oleh orang banyak di seluruh dunia. Album ‘slow mo smile’ bisa didapatkan dengan mudah, just click on: www.bottlesmoker.probablyworse.com



Single dari album ‘slow mo smile’ yang berjudul ‘slow mo smile’ ikut mengisi kompilasi ‘Sympathy For Indonesian Music Industry Volume 1’ yang dirilis oleh netlabel asal Surabaya, Oneloop Records, dan free download (lagi). Enjoy!!!



Discography



Albums



Slow mo smile 2008 (probablyworse record)



Before circus over 2006 (self release with CD-R Mode)



From the smoke, computer, and a room smile 2005 (self release with CD-R Mode)



Compilations

Unsigned Band Compilation, 2008. CD Bonus ‘Music Record Indie Label’ - Mizan books



Sympathy For Indonesian Music Industry Volume 1, 2008 - Oneloop Records



Contact

Juliuz 022 9135 0059 / 0812 238 5759

http : www.myspace.com/bottlesmoker

www.probablyworse.com

email : bottle_smoker@yahoo.com

probablyworse@gmail.com

YM : mencoba_menulis (Angkuy )
juliuzickboy ( Juliuz )


Tags: bottlesmoker
Prev: IPDN = Institut Pembunuh Dibiayai Negara
Next: SBY HARUS TURUN!!!
reply share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar